Misteri Fenomena Batu Tumbuh di Rumania

Rumania memiliki sebuah daya tarik tersendiri yang disebut Trovants. Benda itu merupakan sebuah keajaiban geologis sebuah batu yang akan tumbuh saat hujan dan bisa berpindah sendiri.

Batu yang namanya bermakna "pasir disemen" itu terdapat di desa Costesti. Trovants berbentuk bola pasir yang muncul di permukaan tanah setelah adanya aktivitas seismik yang kuat. Gempa bumi yang memunculkan bebatuan itu pada 6 juta tahun yang lalu.

Trovants kemudian tumbuh ketika bersinggungan dengan air. Akhirnya, dari ukuran semula 6-8 mm kini sudah mencapai 6-10 meter hingga lebih.

Proses pertumbuhan itu dibuktikan dengan adanya lingkar usia pada batu, sama seperti pohon. Trovants memiliki inti baru dengan cangkang luar yang terdiri dari pasir. Setelah hujan deras maka batuan kecil akan jadi besar dan kabarnya semua batu tersebut bentuknya sama persis.

Ada banyak teori, mulai dari ilmiah hingga mistis, mengenai keanehan Trovans. Ilmuwan yakin dibalik cangkang batu mengandung mineral tinggi yang jika basah akan menyebar dan menekan jadi lebih besar. Namun itu hanya teori yang belum dibuktikan dengan penelitian.

Trovants kini menjadi atraksi turis yang berkunjung ke Rumania. Muzeul Trovantilator (Museum Nasional Perlindungan Trovants) didirikan pada 2004 dan sekarang dilindungi UNESCO.
Share on Google Plus

About All about world

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: