ROKOK

Rokok itu apasih? Rokok itu gulungan kertas beracun yang berisi tembakau atau cengkeh.

Jenis-jenis rokok sesuai kandungannya dibagi menjadi 3, yaitu Rokok Mild, Rokok Kretek, Cerutu.

* Rokok Mild : Rokok Mild di presentasikan mempunyai kandungan tar dan nikotin yang paling rendah dibanding rokok kretek dan hal ini dikontrol dengan baik atau dijamin oleh pabrik tertentu, karena kerendahan kadar tar dan nikotin. Namun saya yakin, pabrik itu tidak akan menjamin bahwa seseorang yang merokok jenis Mild akan tetap sehat. Rokok Mild memiliki sekitar 14-15 mg tar dan 5 mg nikotin.

Karena ringan kandungan tar dan nikotin nya, maka rokok jenis mild juga diberi istilah light, misalnya rokok LA Light, Marlboro light dll.

* Rokok Kretek : Rokok Kretek ialah rokok yang mengandung tembakau dan cengkeh yang dimana kandungan tar dan nikotinnya bida disebut tinggi. Rokok Kretek memiliki sekitar 20 mg tar dan 4-5 mg nikotin lebih besar kandungan tar dan nikotinnya dari rokok mild, sehingga resiko kanker menurut dokter dan para pakar kesehatan jadi lebih besar.

Rokok Kretek karena rokok jenis ini bila dibakar akan mengeluarkan bunyi "kretek-kretek" (yaitu suara kertas bercampur tembakau cacahan agak kasar yang terbakar) menurut para penggemarnya.

* Cerutu umumnya berbentuk seperti torpedo atau kapal selam dengan ukuran lebih besar dan panjang dari dua jenis rokok tadi. Terdiri dari daun tembakau kering yang digulung-gulung menjadi silinder gemuk, lalu dilem. (Jadi daun tembakau nya tidak dicacah). Akibatnya cerutu menjadi yang paling besar dari segala jenis rokok kandungan tar dan nikotin nya dan menjadi yang paling berbahaya menurut dokter dan pakar kesehatan.

  • Cerutu termahal adalah cerutu Cuba yang harganya bisa jutaan rupiah untuk satu batangnya dan dikemas dalam kotak eksklusif. Cerutu bali sekotak isi 6 batang harganya kira-kira 30 ribu saja.

 Sekarang waktunya untuk mengetahui tentang akibat merokok.

1. Penyakit jantung

2. Penyakit paru

3. Kanker paru dan kanker lainnya

4. Diabetes

5. Impotensi

6. Menimbulkan Kebutaan

7. Penyakit mulut

8. Gangguan Janin (Wanita)

9. Gangguan Pernafasan

10. Uang akan terbuang sia-sia

11. Tidak akan merasakan usia tua,dll



Bayangkan jika anda terkena salah satu dampak akibat merokok. Sebagai generasi muda bangsa yang dituntut lebih aktif dan berperan dalam negara, baiknya kita bisa memahami dan ikut mengkampanyekan 'no smoking' bukan hanya dihari kampanye 31 Mei, akan tetapi setiap hari dan setiap saat.

Sekarang waktunya anda berpikir dan renungkan secara serius.

Jika harga 1 bungkus rokok yang berisi 15 batang adalah 15.000 rupiah lalu anda merokok 1 bungkus/hari ataupun lebih maka :

15.000 x 365 hari = 5.475.000 rupiah/tahun. Itulah uang yang anda habiskan hanya untuk kebutuhan rokok, bayangkan jika anda menghabiskan 2 bungkus/hari maka uang yang anda habiskan adalah 10.950.000/tahun. Sekarang saya tanya, sudah berapa lama anda merokok? 2 tahun, 3 tahun, atau 10 tahun?. Maka bayangkan dan renungkan uang yang anda telah habiskan hanya untuk menghisap "gulungan kertas beracun"  yang akan membunuhmu perlahan-lahan.

Lihatlah kandungan-kandungan yang terdapat dalam rokok 

Anda bisa melihat video yang dibawah ini tentang percobaan terhadap rokok.

Cara Berhenti Merokok
1. Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok

2. Belajar membenci rokok

3. Bergaullah dengan orang yang tidak merokok

4. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC atau beraroma yang tidak mengandung asap rokok.

5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok

6. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi

7. Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok

8. Kurangi jumlah merokok sedikit demi sedikit

9. Hilangkan kebiasaan melamun atau menunggu

10. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan

11. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula

12. Coba dan coba lagi jika masih gagal

Share on Google Plus

About All about world

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment