Dahulu,
para novelis ataupun para seniman berangan-angan dengan imajinasi
mereka akan teknologi masa depan yang canggih. Namun sekarang,
angan-angan mereka telah terpenuhi seiring dengan perkembangan zaman,
dan mungkin untuk mereka yang masih hidup akan berbicara "Mereka
terinspirasi dari karyaku".
Buku
William Gibson, Neuromancer, sekaligus mengatur dasar bagi genre
cyberpunk serta internet (atau lebih tepatnya, World Wide Web). Dalam
dunia dystopian, hampir semua orang dapat mengakses jaringan komputer
global yang menggunakan antarmuka otak khusus, yang memungkinkan
semua orang di planet ini untuk bertukar informasi dengan cepat.
Terdengar akrab?1. Internet
2. Bom Atom
Tidak
sulit untuk membayangkan sebuah ledakan besar, tapi Robert Cromie
(1856-1907) membayangkan sarana untuk melakukan hal yang akhirnya akan
menjadi kenyataan. Dalam The krack of Doom, ia menulis tentang senjata
yang menggunakan energi atom faktor resikonya memusnahkan hampir dua
kilometer persegi tanah. Lebih dari empat dekade kemudian, Proyek
Manhattan berjalan baik.
3. Space Travel (Perjalanan ke luar angkasa)
Meskipun novel tahun 1865 berjudul “From The Earth to The Moon” menceritakan kisah komedi, Jules Verne melakukan beberapa perhitungan yang serius untuk kembali mengangkat kisah tentang tiga orang yang mencoba untuk melakukan perjalanan ke bulan menggunakan meriam.
Beberapa
teori-teori dan persamaannya yang akurat ternyata mengejutkan mereka
yang melakukan misi Apollo, dan ia bahkan dengan benar meramalkan
bahwa bobot akan ada di luar angkasa.
4. Robot (R.U.R. oleh Karel Capek, Metropolis)
Gagasan untuk membangun kehidupan buatan telah ada selama berabad-abad, tetapi istilah “robot” diperkenalkan pertama kali dalam permainan Karel Capek, RUR (Rossum’s Universal Robots).
Namun,
untuk melihatnya belum terwujud sampai tahun 1927, film Metropolis
diluncurkan menggambarkan bahwa orang-orang mulai melihat robot
sebagai mesin humanoid yang dapat dikendalikan oleh seorang
programmer.
5. PDA atau Pocket Komputer
Pada
tahun 1974, ketika sebagian besar komputer yang cukup besar mengisi
seluruh kamar, Larry Niven membayangkan sebuah versi berukuran saku
dalam novelnya ”The Mote in God’s Eye”.
Dikisahkan “komputer saku” banyak digunakan untuk perhitungan
matematis dan mencatat, tapi dengan fungsi-fungsi komunikasi mereka,
Niven juga menggambarkannya seperti Blackberry atau iPhone.
6. VCR / DVD Player
Ketika
sebagian besar dunia mengagumi penemuan gambar bergerak di tahun
1890-an, HG Wells sudah memikirkan cara untuk membuatnya lebih baik.
Pada satu alur dalam novelnya, seseorang terbangun, kemudian menemukan
sebuah mesin yang tampaknya untuk menyimpan dan memutar film untuk
hiburan pribadi.
7. Satelit
Edward Everett
Hale penulis yang mengeksplorasi ide pertama dari sebuah satelit dalam
cerita pendek, “The Brick Moon,” terkenal setelah penulis fiksi
ilmiah Arthur C.
Clarke pertama kali mengusulkan satelit sebagai alat untuk
komunikasi massal. Dia menulis sebuah artikel pada tahun 1945 yang
menggambarkan perangkat komunikasi yang melayang di orbit untuk
memberikan komunikasi global berkecepatan tinggi. Tujuh tahun kemudian,
Sputnik diluncurkan.
8. Virus Komputer
Fiksi ilmiah bukan hanya mengilhami penemuan-penemuan yang baik. Ketika peneliti sengaja menciptakan virus komputer pertama pada tahun 1975, mereka menggambarkannya sebagai “cacing.” Istilah ini diambil dari novel John Brunner, "The Shockwave Rider", di mana “cacing pita” mulai menginfeksi komputer di seluruh dunia.
9. Taser
Ketika
Jack Cover mengembangkan prototipe pertama untuk senapan mematikan,
ia terinspirasi dari novel tahun 1911 karya Victor Appleton yang ia
baca ketika masih anak-anak “Thomas A. Swift ’s Electric Rifle.”,
salah satunya menampilkan sebuah “senapan listrik” yang digunakan
untuk berburu.
10. Software Penerjemah
“Babel
Fish” bukan hanya nama acak dari AltaVista yang datang dengan
perangkat lunak terjemahan web mereka. Ini sebenarnya merupakan gadget
dari novel ”The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy”, 1971, yang dapat
menerjemahkan bahasa apapun setelah dimasukkan ke dalam telinga
seseorang.
0 komentar:
Posting Komentar